AXA Mandiri

Apa Itu Asuransi Jiwa Syariah?

Sebagian besar orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan asuransi, pengertian asuransi sendiri merupakan perjanjian antara dua pihak yang dimana satu pihak berkewajiban membayar sejumlah uang sedangkan pihak lain bertugas mengelola uang tersebut dan bertanggung jawab ketika terjadi sesuatu pada pihak pertama. Sudah banyak perusahaan asuransi umum yang ada di Indonesia, salah satunya AXA Mandiri. Perusahaan asuransi ini sudah ada sejak tahun 1991 dan merupakan kerja sama antara AXA dengan Bank Mandiri.

Namun sekarang ini minat masyarakat terhadap asuransi umum sedikit menurun, mereka lebih tertarik pada asuransi syariah. Hal ini dikarenakan semakin banyak orang yang menginginkan sesuatu sesuai dengan syariat islam. Untuk itu semakin banyak perusahaan asuransi syariah bermunculan. Pengertian dari asuransi syariah merupakan usaha untuk melindungi orang lewat investasi uang sesuai syariat islam yang memberikan imbalan ketika pihak yang di lindungi mengalami kecelakaan ataupun kematian. Dalam asuransi ini semua prinsip kerja didasarkan pada syariat islam, bahkan perusahaan asuransi hanya mengelola investasi dana saja dan akan memberikan ivestasi tersebut jika terjadi sesuatu terhadap pihak yang menggunakan asuransi tersebut.

AXA Mandiri

Ada beberapa perbedaan antara asuransi umum dengan asuransi syariah diantaranya yaitu:

1.Dana Hangus

Dalam asuransi umum dana akan hangus jika pengguna asuransi tidak meninggal hingga waktu pertanggungan selesai, sedangkan dalam asuransi syariah dana tetap ada walaupun ada sebagian dana yang akan disumbangkan.

2.Akad

Asuransi umum menggunakan akad jual beli yang mengharuskan ada penjual, pembeli, barang atau objek serta ijab qabul. Dalam akad asuransi syariah berdasarkan akad takaful atau akad tolong menolong.

3.Tanggung Jawab

Tanggung jawab asuransi umum diberikan secara penuh kepada perusahaan, di asuransi syariah tanggung jawab berada di perusahaan dan peserta karena dasar asuransi syariah adalah tolong menolong

4.Pengawas Dana

Perbedaan selanjutnya terdapat dalam pengawas dana, dalam asuransi syariah terdapat pihak luar yang mengawasi yaitu Dewan Pengawas Syariah, yang bertugas mengawasi bahwa semua kegiatan berdasarkan prinsip syariah. Berbeda dengan asuransi syariah, asuransi umum diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

AXA Mandiri ini

5.Pengelolaan Dana

Dana asuransi syariah hanya bisa diinvestasikan pada sesuatu yang halal saja dan tidak merugikan orang lain, sedangkan asuransi umum dananya dapat digunakan dalam berbagai bidang karena prinsip dasarnya adalah mencari keuntungan sebesar-besarnya.

6.Zakat

Dalam asuransi umum tidak terdapat zakat yang harus dibayar pesertanya, tetapi berbeda dengan asuransi syariah, peserta asuransi syariah wajib membayar zakat sesuai keuntungan yang diperoleh perusahaan.

Dilihat dari perbedaan diatas, asuransi syariah lebih memiliki keunggulan dan lebih bersifat adil dibanding asuransi umum. Hal-hal diatas menjadi pemicu masyarakat lebih tertarik pada asuransi syariah. Keunggulan yang terdapat dalam asuransi syariah mulai dari tidak adanya riba, pembagian keuntungan yang sama besar, prinsip tolong menolong bukan karena keuntungan saja, serta pengelolaan secara jelas yang di bicarakan di awal perjanjian. Semua keunggulan tersebut akan lebih mendorong masyarakat untuk lebih banyak menggunakan asuransi syariah dibanding asuransi umum. Namun kebutuhan setiap orang berbeda-beda, sehingga kita tidak bisa memaksakan semua orang untuk memilih auransi syariah dibanding asuransi umum. Pemikiran setiap orang tentang asuransi syariah dengan asuransi umum juga berbeda. Baik asuransi syariah maupun asuransi umum seperti axa mandiri memiliki keunggulan masing-masing disetiap pemikiran orang dan pemilihan asuransi didasarkan pada kebutuhan masing-masing orang

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *