Berbahaya Untuk Kesehatan, Yuk Simak 6 Efek Mandi Malam

Beraktivitas dari pagi hingga malam akan membuat tubuh lengket dan tidak nyaman. Mandi di malam hari sudah menjadi kebiasaan, agar tubuh dapat tidur dengan nyenyak. Namun kebiasaan ini ternyata memicu masalah kesehatan dan berdampak buruk bagi tubuh. Hal ini bisa mengganggu metabolisme tubuh, sehingga rentan terserang penyakit. Efek mandi malam sering dikaitkan dengan penyakit rematik yang rentan menyerang, selain itu ada beberapa hal mengakhawatirkan lainnya. Yuk simak berikut ini.

Penyakit yang Muncul Karena Mandi di Malam Hari

1. Menyebabkan Asam Urat

Terkadang orangtua melarang untuk mandi saat malam karena tidak baik untuk tubuh. Namun pernyataan itu benar adanya, kebiasaan ini bisa memicu serangan gout. Hal iti disebabkan karena konsumsi zat purin yang besar dalam tubuh, sehingga kadar asam urat meningkat. Selain itu air dingin akan membuat sendi-sendi terasa nyeri, karena seiring bertambahnya usia cairan pada sendi mengalami perubahan komposisi.

2. Memicu Penuaan Dini

Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa tubuh tidak kuat menerima rangsangan air dingin. Hal ini menghasilkan peningkatan pada metabolisme tubuh, sehingga tubuh membutuhkan pasokan kalori dan oksigen yang tinggi untuk menstabilkannya. Aktivitas ini mengganggu proses metabolisme lemak, apabila tidak bekerja dengan baik akan menyebabkan kulit keriput lebih cepat.

3. Memicu Sakit Demam

Suhu tubuh akan mengalami peningkatan di malam hari, dan menyebabkan pori-pori kulit terbuka. Apabila air yang dingin masuk dan meresap ke dalam tubuh, maka akan bercampur dengan suhu panas tubuh. Proses ini dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan lebih rentan terkena demam. Biasanya saat demam akan diikuti oleh sakit flu di dua atau tiga hari setelah demam turun.

4. Menambah Resiko Sakit Pilek

Saat malam hari tubuh waktunya beristirahat, jika mandi saat suhu tubuh masih tinggi kemungkinan tubuh mengalami masuk angin. Tubuh akan terasa panas dan memicu datangnya pilek. Umumnya ditandai dengan demam tinggi lebih dulu, ketika suhu tubuh sudah normal virus langsung menyerang. Namun ada dua kemungkinan terjadi, pilek disertai demam atau hanya pilek saja.

5. Mengganggu Metabolisme Tubuh

Setelah beraktivitas padat seharian, tubuh akan dinetralkan kembali saat malam hari. Apabila anda nekat untuk mandi saat malam hari, hal ini dapat mengganggu proses penormalan tubuh. Metabolisme yang sedang diistirahatkan akan bereaksi kembali, akibatnya proses penstabilan tidak bekerja sempurna. Hal ini akan berdampak pada sistem pencernaan anda, harusnya di pagi hari harus membuang kotoran malah kembali lagi ke tubuh dan menimbunnya.

6. Memicu Paru-paru Basah

Banyak orang yang sudah mengetahui fakta ini, namun masih saja diabaikan. Efek mandi malam hari menyempitkan kerja paru-paru. Hal ini dikarenakan air dingin yang masuk ke tubuh, kemudian tidak ada aktivitas fisik yang dilakukan. Jika kebiasaan ini terus diulang, bisa dipastikan anda mengalami ganguan pernafasan. Awalnya sekedar batuk biasa namun perlahan akan kesulitan bernafas, kemudian tubuh terasa menggigil saat malam hari dan ada kemungkinan besar anda mengalami paru-paru basah.

Kebiasaan mandi di malam hari bukan tidak diperbolehkan, hanya saja tidak dilakukan terlalu sering. Jika memang tubuh benar-benar lengket, pikiran sudah kacau, dan tubuh tidak nyaman anda disarankan mandi menggunakan air hangat. Hawa hangatnya akan membantu anda merilekskan pikiran dan melemaskan ketegangan otot. Anda cukup merebus air sekitar 20 menit sambil membereskan rumah. Tubuh akan terasa lebih segar dan siap beristarahat dengan tenang.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *