kartu perdana paket internet

Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Beli SIM Card

Sebagai pengguna internet mobile Anda pasti sering bingung memilih kartu SIM yang cocok untuk internet. Dari sekian banyak operator seluler tanah air semua mengklaim memiliki kualitas jaringan yang cepat dan bagus. Selain itu, hampir semua operator memiliki kebijakan serta bonus internet yang berbeda-beda sehingga membuat para penggunanya bingun memilih kartu perdana paket internet  mana yang harus dibeli.

Tips membeli kartu perdana

Setiap operator seluler memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mulai dari kualitas hingga harga. Oleh karena itu, jika Anda masih bingung memilih kartu perdana yang tepat, ada baiknya Anda melihat beberapa tips dibawah ini.

kartu perdana paket internet kartu sim card

1.   Pastikan sinyal operator di tempat Anda cukup kuat

Meskipun saat ini kebanyakan operator seluler sudah menggunakan teknologi 4G tapi harus diakui jika tidak semua daerah bisa merasakan hal tersebut. Di beberapa daerah terutama yang jauh dari perkotaan kadang-kadang sinyal 3G saja cukup sulit untuk ditangkap. Oleh karena itu, sebelum membeli kartu perdana Anda sebaiknya mencari tahu operator seluler mana yang memiliki sinyal cukup kuat di daerah Anda.

2.   Pilih operator dengan harga paket internet murah

Selain sinyal jangan lupakan juga soal biaya yang ditawarkan. Biasanya, semakin terkenal dan bagus sinyal yang diterima maka harganya akan semakin mahal. Oleh sebab itu, Anda jangan lupa untuk mencari informasi tentang paket-paket apa saja yang ditawarkan oleh masing-masing operator terutama paket internetnya. Hal ini dikarenakan paket internet biasanya memiliki aturan yang cukup berbeda dibandingkan paket nelpon atau SMS. Pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk meminimalisir biaya yang tidak perlu.

3.   Paket nelpon dan SMS murah

Selian harga paket internet yang murah, Anda juga sebaiknya memilih operator dengan tarif nelpon dan SMS yang terjangkau. Meskipun jarang digunakan tapi jika sewaktu-waktu dibutuhkan maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih banyak hanya untuk menelpon saja.

Provider digital vs provider biasa

Dalam beberapa tahun belakangan, keberadaan provider digital di Indonesia semakin banyak. Hingga saat ini setidaknya terdapat 4 provider digital yang dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan telekomunikasi besar di Indonesia. Berbeda dari provider biasa, provider digital dinilai memiliki layanan yang lebih mudah, cepat dan praktis.

kartu perdana paket internet memilih kartu perdana

Salah satu diantaranya adalah harga paket internet yang terbilang terjangkau bahkan oleh anak-anak sekolah sekalipun. Tarif paket internet provider digital biasanya hanya di brandol di kisaran puluhan ribu saja. Oleh sebab itu, kebanyakan pengguna provider digital adalah anak-anak generasi milenial yang baru mulai bekerja.

Meskipun kebanyakan penghuninya adalah anak-anak muda dan memiliki harga yang terjangkau, bukan berarti provider ini tidak memiliki kualitas yang bagus. Banyak provider digital yang memiliki sinyal yang bagus sehingga kecepatan internetnya cukup bisa diandalkan. Sayangnya, meskipun keberadaan provider ini cukup menguntungkan penggunanya di luar pulau Jawa masih belum terlalu banyak.

Meskipun provider digital lebih mengkhususkan diri kedalam segmen anak muda kelas menengah tapi provider biasa lebih familiar di telinga masyarakat. Selain itu, infrastruktur digital di Indonesia belum merata sehingga penggunaan kartu perdana operator digital masih cukup sulit dilakukan. Hal itu sering disebabkan oleh segmen pasar perusahaan yang berbeda-beda. Akan tetapi, sebagai pengguna yang cerdas sebaiknya Anda meneliti dulu operator seluler mana yang cocok dengan kebutuhan Anda. Jika sudah memilih yang dirasa cocok maka Anda bisa memilih kartu perdana paket internet yang sesuai dengan keuangan Anda.
 
 

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *