Siaga Satu Untuk Kesehatan Yang Memburuk, Inilah 6 Bahaya Rokok Untuk Wanita

Bahaya rokok sudah sering dipaparkan di ruang publik, bahkan dibahas dalam seminar kesehatan. Namun masih saja orang menyepelekan, dan merokok untuk alasan kesenangan. Terutama untuk perempuan yang merokok, anda harus tahu bahwa efek sampingnya jauh lebih mengerikan. Bahaya rokok untuk wanita cenderung merusak organ dalam, bahkan jika tidak dihentikan bisa menyebabkan kematian. Sayangnya resiko ini diabaikan dan dianggap hanya angin lalu.

Masalah Kesehatan Fatal yang Perlu Diwaspadai

1.Mengakibatkan Gangguan Pernafasan

Perempuan yang sudah terbiasa merokok beresiko mengalami gangguan pernafasan akut. Bahkan berperluang dua kali lipat menderita kanker paru-paru, resiko ini lebih besar terjadi dibandingkan laki-laki perokok. Hal ini disebabkan karena tubuh perempuan memiliki reaski terhadap karsinogen, sedangkan pria dapat mengeluarkan zat karsinogen melalui urin. Karsinogen dalam tubuh perempuan diubah menjadi senyawa karsinogenik, yang dapat memicu serangan kanker paru-paru.

2.Perubahan Siklus Haid Tidak Teratur

Merokok pada perempuan mempengaruhi tingkat kesuburan, lebih beresiko untuk mengalami infertilisasi alias tidak subur. Hal ini karena sisa-sisa zat adiktif dari rokok menempel di sela-sela dinding rahim, sehingga menghambat jalur keluarnya darah kotor saat memasuki masa haid. Selain itu dapat menyebabkan dismenore, atau nyeri yang tidak tertahankan saat menstruasi. Dan beresiko besar mengalami menpause lebih dini, sekitar satu hingga dua tahun lebih awal.

3.Mengalami Gangguan Kehamilan

Zat-zat beracun dari asap rokok mempengaruhi kehamilan seorang perempuan. Calon janin yang sedang berkembang akan terganggu masa pertumbuhannya. Jika tidak dihentikan akan menyebabkan komplikasi kehamilan, seperti kelahiran prematur, keguguran, dan sindrom kematian bayi. Kebiasaan merokok juga memungkinkan seorang bayi lahir dengan gangguan paru-paru, yang penderitanya selalu dalam kondisi tersiksa. Selain itu jika seorang bayi lahir, Ia akan beresiko mengalami cacat fisik

4.Mengurangi Kepadatan Tulang

Pada saat merokok zat-zat dalam rokok akan dilepaskan, dan menghasilkan radikal bebas yang menyerang pertahanan tubuh. Hal ini dapat mengganggu keseimbangan hormon, dan menghasilkan enzim yang dapat merusak estrogen. Dalam kesehatan estrogen sendiri berperan penting untuk pembentukan tulang. Apabila rusak maka akan memicu hilangnya kepadatan tulang. Jika anda tetap bertahan dengan kebiasaan merokok, anda bisa mengalami masa menopause lebih dini.

5.Memicu Sakit Rematik

Bahaya rokok untuk wanita ialah terjadi rematik, kondisi dimana sendi terasa panas dan begkak, terkadang gejalanya tidak mudah terdeteksi. Anda akan merasa kaku dan nyeri pada sendi saat sudah terjadi pembengkakan. Penyebabnya karena anda sedang terpengaruh oleh candunya nikotin pada rokok. Zat adiktif tersebut dapat memberikan efek menenangkan, sehingga ketika rasa sakit datang anda gunakan untuk merokok.

6.Depresi Efek Ketergantungan

Nikotin pada rokok menawarkan efek yang menenangkan bagi penggunanya, sehingga perokok aktif semakin kecanduan. Ada dampak buruk dari nikotin, bahwa rasa ketergantungan yang dialami menyebabkan depresi. Perokok akan mudah gelisah, marah, hingga gangguan tidur jika tidak mengonsumsi rokok dalam jangka waktu dekat. Zat ini juga menyebabkan perubahan aktivitas neurotransmitter di otak, sehingga terjadi peningkatan resiko depresi.

Pada perempuan merokok resiko kesehatan yang terjadi lebih kompleks. Semua penyakit menyerang organ-organ dalam, hingga berefek pada tidak berfungsinya salah satu organ. Hal ini karena tubuh perempuan tidak bisa memproses bahan kimia dari rokok, sehingga tidak mampu melawan zat kimia ya masuk. Pahami dulu akibatnya sebelum anda mencoba untuk merokok. Pikirkanlah masa depan calon anak anda nantinya, dan masa depan tubuh anda sendiri.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *