Aplikasi Super Dihadirkan Oleh BRI TECH

Ternyata Begini Aplikasi Super Dihadirkan Oleh BRI

Didasarkan pada data yang dirilis oleh Kominfo, ternyata hampir setengah dari total masyarakat Indonesia sudah mempunyai smartphone. Menariknya ada cukup banyak aplikasi penunjang perihal finansial masyarakat kita. Misalnya aplikasi yang fungsinya sebagai akses mobile banking, uang elektronik, maupun kredit.

Tentu akan cukup merepotkan jika terlalu banyak aplikasi yang harus dimiliki, sehingga BRI melalui program BRI TECH mencoba membuat satu aplikasi yang bisa mengakomodasi semua kebutuhan perihal finansial, minimal seperti yang barusan disebutkan. Tetapi tentu saja bukanlah perihal mudah, karena aplikasi tersebut bahkan tidak bisa dikatgeorikan sebagai aplikasi biasa, melainkan aplikasi super alias super app.

Super app sendiri adalah suatu ekosistem tertutup dari banyak sekali aplikasi yang dipakai orang setiap hari. Adapun kelebihan dari suatu super app antara lain sebagai berikut.

Aplikasi Super Dihadirkan Oleh BRI TECH

1.Menghadirkan berbagai macam layanan hanya dalam satu aplikasi saja
2.Tidak menghabiskan ruang penyimpanan smartphone
3.Biaya pengembangan atas aplikasi menjadi jauh lebih murah
4.Meningkatkan volume data pelanggan

BRI sendiri memiliki rencana besar untuk menghadirkan aplikasi super alias super app milik mereka yang bisa mempermudah akses terhadap segala kebutuhan finansial nasabahnya tanpa perlu memiliki banyak aplikasi. Guna mewujudkannya, BRI melakukan peningkatan pada aplikasi BRIMO sampai menjadi suatu aplikasi one stop financial solution. Di dalamnya nasabah dapat melakukan aktivitas yang umumnya perlu dilakukan seperti fitur mobile banking, kredit, uang elektronik, pembayaran tagihan, dan beragam fitur-fitur finansial yang lain

Meskipun super app dapat mempermudah user berkat banyak sekali fitur yang ditawarkannya, tetapi cukup sering suatu super app justru memberikan user experience yang membuat bingung penggunanya. Itulah mengapa BRI mengembangkan BRIMO menjadi super app dengan menggunakan metode design thinking.

Design thinking sendiri merupakan proses merumuskan dan memecahkan masalah yang fokusnya adalah pada penggunanya. Proses satu ini dilakukan oleh tim desainer produk alias UI/UX designer yang dituntut melibatkan proses inventarisasi masalah, menentukan kebutuhan nasabah, dan tentu saja memberikan solusi terhadap masalah yang dimaksud. Metode design thinking sendiri dibagi ke dalam lima tahap, yaitu tahap empathize, tahap define, tahap ideate, tahap prototype, dan tak ketinggalan tahap test. Tetapi perlu diingat bahwa metode satu ini bukan proses yang linear, melainkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Aplikasi Super Dihadirkan Oleh BRI TECH

Riset jelas menjadi hal yang harus dilakukan pada tahap awal karena tahap awal seperti yang dikatakan sebelumnya adalah tahap empathize. Tentunya tahap tersebut paling pas digali informasinya dengan cara melakukan riset secara holistik. Pasalnya dari tahap awal ini akan dapat tergambar bagaimana super app akan dikembangkan. Apalagi harus pula dipertimbangkan soal konsep impactful simplicity yang menjadi inspirasi pemgembangan BRI tech, sehingga tahap awal ini bisa dikatakan tahap yang cukup kompleks.

Tahap-tahap selanjutnya tinggal mengikuti developing line yang sudah dibuat sebelumnya, apalagi jika sudah diketahui secara jelas masalah yang hendak diangkat dan diberikan solusinya. Karena pada dasarnya, muara dari aplikasi super alias super app adalah menjadi jawaban atas masalah yang dialami user atau dalam hal ini yaitu nasabah BRI.

Kedepannya, BRI masih mempunyai banyak rencana guna mengembangkan beberapa aplikasi super alias super app mereka yang lainnya. Dengan demikian nantinya semua kebutuhan dari BRI bakal terkoneksi antara beberapa aplikasi super yang BRI miliki. Harapannya tentu saja dengan hadirnya super app BRI akan dapat meningkatkan kenyamanan dan sekaligus menghilangkan kesulitan pengguna atau nasabah untuk memenuhi kebutuhannya.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *