Yuk Cari Tahu Waktu Yang Tepat Untuk Mandi Setelah Olahraga

Setelah berolahraga tubuh akan berkeringat lebih dari aktivitas normal. Anda mungkin akan merasa tidak nyaman karena tubuh bau dan lengket. Biasanya anda akan langsung mandi untuk mengembalikan kesegaran tubuh. Namun dalam kesehatan mandi saat itu juga selepas olahraga tidak disarankan. Hal ini dapat menimbulkan masalah pada kesehatan, dan bisa terjadi serangan jantung mendadak. Lalu kapan waktu yang aman untuk mandi setelah olahraga ? Yuk simak ulasan berikut.

Dampak Buruk Apabila Langsung Mandi

Saat berolahraga jantung akan berdetak lebih cepat dan memompa darah lebih aktif. Olaharga juga membuat suhu tubuh meningkat, sehingga mengeluarkan banyak keringat untuk menormalkan kembali suhu tubuh. Bila kondisi tubuh yang panas ini langsung disiram air dingin, maka akan berdampak buruk pada kesehatan seperti pembuluh darah melebar dan kelenjar keringat terganggu.

Anda beresiko mengalami serangan jantung dan kematian mendadak tanpa mengeringkan keringat lebih dulu. Hal ini karena air dingin berpotensi membuat pembuluh darah melebar, sehingga rentan penyakit jantung menyerang tiba-tiba. Oleh karena itu, sebaiknya anda melakukan pendinginan setelah berolahraga. Pendinginan diperlukan untuk menetralkan detak jantung dan mengembalikan suhu tubuh normal. Disarankan untuk melakukannya 20 menit sebelum mandi.

Selain itu saat berolahraga pori-pori pada kulit akan terbuka, gunanya agar cairan keringat keluar dan suhu cepat kembali normal. Apabila kulit langsung disiram air, maka fungsi kelenjar keringat akan terganggu. Hal ini menyebabkan pengeluaran panas didalam tubuh jadi terhambat. Kondisi ini memungkinkah panas kembali ke tubuh dan bisa terjadi demam dalam jangka waktu yang lama.

Waktu yang Aman untuk Mandi

Dampak buruk yang kemungkinan bisa terjadi bukan berarti anda tidak boleh mandi. Justru mandi setelah berolahraga disarankan, karena untuk menjaga kebersihan kulit dari keringat dan bakteri. Namun ada jeda waktu tertentu sekitar 20-30 menit untuk melakukan pendinginan. Selingi juga dengan minum air putih yang banyak, untuk mengembalikan cairan yang hilang akibat melakukan gerakan fisik.

Para ahli kesehatan menyarankan untuk mandi air dingin untuk melindungi organ dalam tubuh, dengan mendorong darah mengalir jauh hingga ke kulit. Mandi dengan air dingin akan membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi aktivitas metabolik dalam tubuh. Selain itu air dingin bisa mengurangi resiko terjadinya radang otot dan rasa nyeri. Anda pun bisa mencegah terjadinya kerusakan jaringan dan pembengkakan pada sendi.

Anda juga diperbolekan mandi setelah olahraga dengan air hangat. Suhu pada air memicu lancarnya aliran darah ke seluruh tubuh, serta memulihkan ketegangan otot dan sendi. Hawa hangatnya membantu untuk merilekskan tubuh dan pikiran, sehingga rasa lelah yang mendera hilang seketika. Selain itu air hangat juga membantu pengelupasan sel kulit mati dan menutup pelebaran pori-pori kulit.

Mandi bermanfaat untuk membebaskan tubuh dari kuman-kuman yang menempel. Harumnya sabun yang digunakan dapat mencegah bau badan, tubuh pun akan terasa lebih segar. Kandungan dalam air mengalir juga menghambat tumbuhnya jerawat pada kulit, karena mineral bersih yang menangkal pertumbuhan jamur. Setelah mandi anda lebih tenang untuk melakukan aktivitas lain, dan pikiran jernih kembali.

Jadi mandi setelah berolahraga sebenarnya tidak membahayakan, asalkan memberi jeda waktu untuk mengeringkan keringat. Anda bisa mencoba mandi air hangat atau air dingin sesuai keinginan, keduanya sama-sama memberikan manfaat untuk tubuh. Usahakan saat mandi membersihkan tubuh dari ujung kepala hingga kaki, untuk melepas kuman yang menempel pada tubuh. Anda akan kembali segar dan siap melakukan aktivitas selanjutnya.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *