Yuk Simak 6 Manfaat Sampah Anorganik, Agar Tidak Terbuang Sia-sia

Sampah anorganik adalah sampah yang sudah tidak digunakan kembali, terdiri dari bahan yang sulit diuraikan. Jenis sampahnya bisa tertimbun di dalam tanah selama ratusan tahun, dan menyebabkan pencemaran lingkungan. Hal ini disebabkan zat pada sampah sulit terurai dan merusak lapisan tanah. Namun sampah masih bisa dikelola untuk menjadi sesuatu yang bermanfaat. Berikut ulasan manfaat sampah anorganik, yang apabila diolah dengan tepat mengahasilkan nilai ekonomis.

Pengelolaan Sampah Membawa Manfaat

1.Diolah Menjadi Kerajinan Tangan

Banyaknya limbah plastik yang tebuang sia-sia, ternyata bisa mendatangkan keuntungan tersendiri. Plastik bekas diolah kembali menjadi sebuah kerajinan yang bisa digunakan sehari-hari. Contohnya tas dari plastik, meskipun tidak sekuat tas kulit namun tas ini cocok jika digunakan untuk berpergian. Bahannya ringan dan saat memakainnya anda terlihat lebih santai. Ada juga kerajinan yang digunakan untuk souvenir atau penghias rumah.

2.Bahan Membuat Taman

Tidak perlu khawatir limbah menumpuk dan mencemari lingkungan, anda bisa memanfaatkannya untuk membuat taman mini. Sisa plastik bekas, botol, dan kaleng bekas bisa difungsikan menjadi media tanam yang sangat menarik untuk kebun anda. Siapkan bahan-bahan pendamping seperti cat warna, spidol, hingga lem. Anda bisa membuat kreasi pot dari botol atau kaleng bekas, tinggal diwarna sesuai selera.

3.Dikumpulkan untuk Dijual Sendiri

Tentunya anda masih ingat dengan manfaat Bank Sampah, dimana anda bisa menjual kembali sampah bekas. Bila tidak berminat untuk mengubah limbah anorganik, anda tinggal mengumpulkan saja kemudian dijual. Baik botol plastik, botol kaca, kaleng besi, dan sampah plastik lainnya memiliki nilai jual yang lumayan. Jadi tidak perlu khawatir sampah menimbun, karena solusi sudah ada didepan mata.

4.Pemanfaat Bubur Kertas

Sampah kertas termasuk dalam sampah yang tidak bisa terurai dengan mudah. Secara langsung limbah dapat dimanfaatkan menjadi kerajinan, atau barang berguna lainnya. Namun sekarang kertas bekas bisa dilebur menjadi bubur kertas, fungsinya diolah kembali menjadi kertas daur ulang atau kerajinan. Bahkan beberapa merk pembalut menggunakan bubur kertas sebagai bahan dasar. Hasil kertas daur ulang dimanfaatkan sebagai kotak hiasan, sampul buku, hingga kertas buram.

5.Membuat Vas Bunga dari Logam

Manfaat sampah anorganik memang beragam, salah satunya membuat kerajinan vas bunga. Barang-barang yang berasal dari logam seperti besi, kaleng, alumunium dan timah bisa dimanfaatkan kembali. Contohnya bahan kaleng yang mudah ditemukan, benda ini bisa dijadikan vas bunga yang bermanfaat. Tinggal dihias dan dibentuk sesuai daya kreativitas, limbah akan bernilai jual tinggi. Namun anda juga perlu memahami keinginan pasar, untuk membaca produk seperti apa yang laris dipasaran.

6.Botol Kaca untuk Cindera Mata

Barang pecah belah bekas juga bisa dimanfaatkan untuk hiasan yang memiliki nilai artistik dan ekonomis. Limba botol kaca apabila diolah dengan tepat bisa menjadi kerajinan kelas tinggi. Hasilnya bisa digunakan sebagai souvenir pernikahan atau oleh-oleh dari satu kota. Bentuk olahannya seperti vas bunga, pot kaca, atau wadah sendok dan garpu. Harga yang dipatok biasanya tidak tinggi, mengingat bahas dasar mudah untuk didapatkan.

Demikian uraian yang bisa dijabarkan, bahwa sampah anorganik diperlukan waktu ratusan tahun untuk menguraikannya kembali. Namun bukan berarti tidak bisa diantisipasi, hanya memerlukan keterampilan dan keahlian khusus untuk mengelola limbah. Anda bisa menghasilkan keuntungan, apabila bisa mengolah limbah menjadi nilai seni tinggi. Harga yang ditawarkan pun cukup menggiurkan, belum lagi pasar yang terlihat jelas peminatnya. Jadi, tertarik untuk memanfaatkannya ?

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *